Senin, 17 September 2012

Cara Membuat Tahu Sumedang

Cara Rahasia Membuat Tahu
Kenapa tahu Sumedang rasanya enak? Bagaimana cara membuatnya dan rahasia apa untuk membuat tahu yang enak serta gurih seperti tahu Sumedang yang terkenal itu?

Bahan membuat tahu :
- Kacang kedelai (sesuai kebutuhan saja) biasanya cukup 3 kg (utk keluarga kecil)
- Vinegar (cuka) warna putih
- Kain Belacu (kain bekas karung tepung)
  1. Bersihkan kedelai dan kemudian buang yg sudah layu/kisut, kalau bisa pilihlah yg bijinya besar.
  2. Cuci bersih kedelai lalu rendam dalam air banyak (sampai kedelai tenggelam) selama 6 jam.
  3. Setelah itu cuci kedelai terus menerus selama setengah jam. Cara Membuat Tahu Lalu bagi-bagi kedelai sesuai dgn kapasitas blender dan letakkan didalam wadah bambo atau plastic.
  4. Kedelai digiling sampai halus menggunakan blender tapi kalau ada juicer lbh baik lagi kedelai digiling halus dan air ditampung. Cara membuat tahu kalau memakai blender setelah diblender bisa langsung direbus tanpa perlu memisahkan air dan ampas.
  5. Ampas kedelai langsung direbus secepatnya selama 15-20 menit dalam wajan yg besar untuk mendapatkan hasil tahu yg bagus/tdk keras.
  6. Adonan ampas kedelai yg sudah direbus tadi langsung dituang kedalam kain belacu (yg sudah disiapkan sebelumnya diatas wadah besar dr clay atau plastic dan diikat kuat agar saat menuang adonan rebusan kain tdk jatuh kedalam wadah dan kain juga harus kuat menahan berat adonan).
  7. Cara Membuat Tahu dengan diaduk-aduk/goyang-goyang adonan terus menerus hingga sari kedelai jatuh kebawah dan adonan tadi cukup kering.
  8. Lalu peras ampas kedelai dgn menggunakan air panas, cara membuat tahu dan lakukan berulang ulang hingga tidak ada sari lagi yg tersisa diampas kedelai.
  9. Air saringan yg tertampung biasanya warna kuning atau putih lalu dicampur dgn asam cuka agar menggumpal, aduk sampai rata, asam cuka bisa digantikan dgn air kelapa atau sulfat kapur.
  10. Gumpalan2 tahu yg mulai mengendap dituangkan dalam kotak berukuran 30×20 cm2 dan dialasi kain belacu.
  11. Adonan tahu kotak dikempa selama beberapa saat agar air yg masih tercampur dalam adonan tadi habis.
  12. Bila adonan itu sudah jadi, sudah dpt dipotong potong dan simpan dikulkas, dan siap diolah setiap saat.
  13. Selesailah Cara Membuat Tahu


Nah kira-kira demikian bagaimana cara membuat tahu, mudah-mudahan dapat bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar